Sabtu, 21 Desember 2013

Self Reflection

Sesungguhnya orang yang beriman akan mengambil pelajaran dari setiap peristiwa kehidupan yang dialaminya. Bahwa semua peristiwa kehidupan bertalian erat dengan seberapa dekat tautan hatinya kepada Rabbnya.

Setiap peristiwa kehidupan hendaknya mampu menjadi jembatan untuk meneguhkan keyakinan kita bahwa selalu ada campur tangan ALLAH atas apa-apa yang berlaku terhadap diri kita. Kata ALLAH,
“Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS. An Nisaa : 79)

Ibnu Katsir mengatakan bahwa makna “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah” adalah dari karunia dan kasih sayang Allah swt. Sedangkan makna “dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” Berarti dari dirimu sendiri dan dari perbuatanmu sendiri, sebagaimana firman-Nya :
وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ
“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura : 30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar