Minggu, 29 Desember 2013

Bagaimana Berkomunikasi dengan Anak Usia Dini?

Gambar diperoleh dari http://www.exclusivechildcare.com
Anak usia dini biasanya mau berkomunikasi bila mereka merasa aman dan nyaman dengan suasana dan teman bicaranya. Berikut tips sederhana untuk berkomunikasi dengan anak usia dini:
1. Tunjukkan penerimaan Anda yang sempurna terhadap anak. Caranya, tunjukkan antusiasme yang besar saat anak berbicara. Tampilkan sikap tubuh yang positif dan apresiasi apapun yang disampaikan anak. Dengan cara itu, anak akan merasa bahwa apapun yang ia sampaikan dihargai, dan rasa percaya dirinya untuk berkomunikasi akan semakin berkembang.
2. Dengarkan yang disampaikan anak dengan serius. Tinggalkan dulu aktivitas Anda. Anak tahu bahwa dia tidak diperhatikan 100% jika Anda mengatakan bahwa Anda mendengarkannya tetapi Anda sambil memandang layar handphone atau memencet-mencet tombol hp Anda. Untuk membuat komunikasi terus berjalan, ajukan pertanyaan terbuka kepada anak, misalnya: Lalu? Trus gimana? Habis itu? 
3. Jangan lupakan kontak mata. Ini adalah bagian yang sangat penting dalam berkomunikasi dengana anak. Tubuh Anda jelas jauh lebih tinggi daripada anak. Karena itu, jangan buat anak Anda terpaksa mendongakkan kepalanya ketika berbicara dengan Anda, tetapi sejajarkanlah tubuh Anda dengan anak agar ia juga mudah memandang Anda.
4. Gunakan kata-kata yang sopan kepada anak, maka mereka juga akan terbiasa berkata sopan. Menggunakan kata-kata seperti tolong, maaf , terima kasih tidak hanya akan membuat mereka sopan tapi juga akan membuat mereka merasa dihargai.
5. Selalu gunakan kata-kata yang memotivasi mereka. Jangan pernah memutus semangat anak dengan mengatakan bahwa mereka tidak mampu/tidak bisa melakukan sesuatu. Selalu katakan bahwa Anda yakin bahwa insyaALLAH dia pasti bisa.

Komunikasi yang baik dan efektif pada anak usia dini insyaALLAH akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang cerdas secara verbal, komunikatif dan percaya diri. 

Selamat mencoba. . . :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar