Sabtu, 21 Desember 2013

Cinta-Kekayaan-Kesuksesan

Seorang wanita keluar dari rumahnya dan melihat tiga orang lelaki tua berjanggut putih sedang duduk-duduk di halaman rumahnya. Wanita tersebut tidak mengenali mereka. Katanya, "Saya tidak kenal kalian, tapi kalian pasti lapar. Silakan masuk dan makanlah di rumah kami."
Sakah seorang di antara mereka bertanya,
"Suamimu ada di rumah?"
Jawab sang wanita, 
"Dia sedang pergi."
Lelaki tersebut menjawab,
"Kalau begitu kami tidak bisa masuk."

Sore harinya suami wanita tersebut pulang ke rumah. Wanita itu menceritakan tentang tiga lelaki tua tadi kepadanya. "Persilakanlah mereka masuk." Ujar suaminya.
Wanita itu keluar rumah untuk mempersilakan ketiga lelaki tua untuk masuk.
"Kami tidak bisa masuk bersama-sama." Ujar mereka.
"Kenapa?" Tanya wanita itu.
Salah seorang di antara mereka menjawab, "Namanya adalah Kekayaan," seraya menunjuk satu orang di antara mereka. "Namanya Kesuksesan, dan aku adalah Cinta." Kemudian dia menambahkan, "Masuklah dan bicarakan dengan keluargamu siapa di antara kami yang ingin kalian undang masuk lebih dulu."

Wanita tersebut menyampaikan kata-kata lelaki tua tadi kepada suaminya. Suaminya menjawab, "Menarik sekali! Jika demikian undanglah Kekayaan untuk masuk lebih dulu, agar dia memenuhi rumah kita dengan kekayaan!"
Sang istri tidak setuju, "Suamiku, kenapa bukan Kesuksesan saja yang kita undang lebih dulu?"

Menantu perempuan mereka mendengar pembicaraan orang tuanya dari dalam kamar. Dia mengatakan, "Bukankah lebih baik jika kita undang Cinta untuk masuk lebih dulu? Rumah kita akan dipenuhi dengan cinta!"
"Baiklah, kita ikuti saran anak menantu kita," ujar sang suami kepada istrinya. "Undanglah Cinta untuk masuk lebih dulu."

Wanita tersebut keluar menemui tiga lelaki tua dan menyampaikan pesan suaminya.
"Yang mana di antara kalian yang bernama Cinta? Silakan masuk ke rumah kami."

Lelaki tua bernama Cinta bangkit dan berjalan menuju rumah. Kedua lelaki tua yang lain mengikutinya dari belakang. Terkaget-kaget, wanita itu bertanya, "Saya hanya mengundang Cinta, kenapa kalian ikut masuk?"

Lelaki tua menjawab bersama-sama, "Jika kalian mengundang Kekayaan atau Kesuksesan, maka yang lainnya akan tinggal di luar. Tetapi karena kalian mengundang Cinta, maka Kekayaan dan Kesuksesan juga menyertainya. Karena di mana ada Cinta, maka di situ ada Kekayaan dan Kesuksesan."

-=The story was translated from 100 Moral Stories=-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar