Minggu, 29 Desember 2013

My Dream & The Background

Hidup di perantauan sejak sekolah menengah menyebabkan saya beroleh kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang budaya dan keluarga yang berbeda-beda. Ketika di sekolah menengah kepekaan itu barangkali belum terasah, karena saya pun masih remaja. Memang kerap terbetik rasa penasaran dan terajukan pertanyaan “mengapa begitu?” ketika saya menemukan perilaku yang bersumber dari kegalauan masa remaja pada teman-teman saya. Sampai kemudian perilaku yang semakin beragam saya temukan saat menapaki jenjang perkuliahan. Saya gemar mengamati dan menelaah perilaku orang-orang di sekitar saya. Saya renungkan mengapa seseorang menyikapi suatu hal dengan suatu cara, sementara orang lain menyikapi hal yang sama dengan cara yang berbeda. Saya pun melakukan pengamatan terhadap diri saya sendiri. Ketika saya bersikap terhadap sesuatu, mengambil keputusan atas sesuatu, apa hal terbesar yang mempengaruhi saya.

Pengamatan saya terhadap diri sendiri akhirnya sampai pada satu kesimpulan, bahwa nilai-nilai yang saya dapatkan dari orangtua, yang saya bawa dari keluarga, itulah yang sangat besar mempengaruhi sikap-sikap saya. Maka menurut saya hal yang sama berlaku bagi setiap orang. Dan sejak saat itu pula rasanya saya menemukan pada bidang apa saya ingin berkontribusi sebagai manusia, yakni pengasuhan.

Masa senggang kuliah dulu kerap saya habiskan di perempatan jalan dan stasiun kereta api; demi mengasah empati saya atas bocah-bocah cilik yang semestinya bermain-main di TK namun terpaksa menghabiskan harinya dengan menadahkan gelas bekas air mineral demi seratus-dua ratus rupiah. Bahkan ada di antara mereka yang sering saya temani sejak masih bayi, dimandikan sang ibu setiap sore di selokan besar dekat kampus, kini sudah beranjak remaja dan tetap menghabiskan hari-harinya di perempatan lampu jalan.

Memang, tangan saya terlampau kecil untuk resah saya yang besar. Karena itu, tangan kecil ini hanya bisa berharap dapat memberi sedikit kemanfaatan pada ummat dengan hal kecil dan sederhana yang mampu dilakukannya. Therefore everyone, just feel free if you want to consult about parenting or children education. Maybe I can help you by my educational background. For now, I have a dream to contribute something to parents and children by writing books. I’m still a newbie in this area. But I hope ALLAH will help me to make somethin’ good.


Cheer Up! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar