Senin, 11 Agustus 2014

Tanyalah, "Are You Happy?"

Kemarin Zahro ikut beraneka ragam lomba dalam rangka hari kemerdekaan. Pengalaman baru dalam enam tahun kehidupannya. Pengennya dia ikut semua cabang lomba; masukin pensil ke dalam botol, lari karung, makan kerupuk, dan ambil koin dalam tepung. Tapi karena saya juga ada acara IIDN Jogja, akhirnya kami terpaksa undur diri setelah lomba makan kerupuk.

Semangatnya begitu luar biasa! Bahkan sejak surat edaran lomba dibagikan kepada warga seminggu yang lalu setiap hari dia bertanya, "Lombanya kapan?" Lihatlah ekspresinya ini,


Kemarin dia menjadi peserta dengan tubuh paling mungil, plus panitia tidak membagi peserta berdasar rentang usia. Jadi dalam lomba yang sama ada anak kecil dan ada remaja, hahaha. Bahkan Ibu-ibu yang pada nonton prihatin melihat Zahro. Tapi dia nggak peduli, nggak toleh kanan-kiri. Binar semangat dan kebahagiaan tak tertutupi dari wajahnya. Alhamdulillah dia berhasil memasukkan pensil ke botol dan berhasil mencapai finish lari karung tanpa terjatuh. Well, makan kerupuknya dia cuma berhasil tiga gigitan, hahaha.

Satu pertanyaan saya saat kami berjalan pulang, "Kakak senang?"
Dia mengangguk gembira sambil berkata, "Kakak pengen ikut semuanya."
Tetapi saya katakan tidak bisa karena kami harus pergi ke acara yang lain.

Sore harinya saya cerita kepada Mama tentang cucunya yang ikut lomba 17 agustusan. Pertanyaan spontan yang keluar dari lisan sang nenek, "Menang?"
Nah siang tadi Eyang Zahro datang ke rumah, dan kamipun menceritakan juga tentang lomba kemarin. Tak saya sangka pertanyaan spontan dari eyangnya sama, "Menang?"

Saya mencoba maklum bahwa orang tua kami masih memandang takaran suatu perlombaan adalah kemenangan. Tetapi saya bukanlah tipe orang tua yang menjadikan "menang" sebagai orientasi dari aktivitas-aktivitas yang diikuti anak. Melainkan dia senang, antusias, enjoy, itulah yang saya inginkan. Yang penting anak menikmati apa yang dilakukannya. Menang itu bonus saja.

Para orang tua, terutama yang senang anak-anaknya ikut lomba, yuk belajar bertanya, "Kamu senang?" pada anak setiap dia selesai mengikuti lomba sebelum kita bertanya, "Kamu menang?"

Djogdja, 11-08-2014
~eMJe~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar