Rabu, 01 Januari 2014

Manfaat Memiliki Binatang Peliharaan Bagi Anak



Secara teoritis, konon memiliki binatang peliharaan mempunyai dampak yang sangat baik bagi kesehatan anak, baik kesehatan fisiologis maupun kesehatan psikologis. Secara praktis, mengizinkan Zahro, puteri saya memiliki binatang peliharaan dalam amatan saya mempunyai dampak positif yang cukup banyak, di antaranya:
1. Belajar peduli.
Dengan memperhatikan apakah binatang peliharaannya sudah makan/belum, kandangnya sudah dibersihkan/belum, dia belajar peduli pada binatang-binatang itu.
2. Belajar empati.
Ketika tempat makan binatangnya kosong, air minumnya habis atau kandangnya kotor, muncul rasa kasihan di dirinya. Reaksinya biasanya bergegas mengambilkan makan atau memberitahu Umi/Abi bahwa makanan/minuman binatang peliharaannya habis.
3. Belajar kelembutan.
Momen-momen berinteraksi fisik dengan binatang peliharannya jelas sekali berdampak positif terhadap perilaku lembutnya. Tubuh binatang yang kecil itu tentu harus ia pegang dengan sangat hati-hati.

4. Belajar berkasih-sayang.
Saking sayangnya, sampai-sampai binatang peliharaannya harus masuk kamar tidur, harus di sebelahnya saat dia makan, intinya pada banyak kesempatan seandainya memungkinkan maka binatang itu harus ada di dekatnya.

5. Dia belajar berekspresi.
Katanya dia bisa bicara pada binatang. . . Hehehe. . . Tentu saja itu hanya imajinasinya. Tetapi punya binatang peliharaan membuatnya  belajar berekspresi dengan mengajak binatang peliharaannya mengobrol. Kadang-kadang dia juga menerjemahkan gerakan fisik si binatang semaunya dia. Hehehe. . .
6. Belajar bertanggungjawab
Yang satu ini mungkin akan menjadi bagian pembelajaran dia nantinya, yaitu bertanggungjawab terhadap makan-minum dan kebersihan binatang peliharaannya. Saat ini sebagian besar urusan membersihkan kandang dan memberi makan memang masih dikerjakan oleh Umi dan Abi, karena dari keterampilan dan kemampuannya Zahro belum mumpuni.

Ada beberapa hewan yang sering berinteraksi langsung dengan Zahro. Ada yang memang sengaja dipelihara (maksudnya ikut berdiam di rumah kami), ada juga yang sekedar diberi makan saja. Yang sampai saat ini masih setia menemani Zahro adalah seekor hamster yang dia beri nama "Hamster imut" dan dua ekor ikan kecil-kecil. Adapun yang hanya dia beri makan saja adalah kucing kampung yang suka tidur di teras rumah kami.


Djogdja, 1 Januari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar