Rabu, 20 Januari 2016

Mematangkan Alpukat dengan Tepat dan Cepat

Membeli alpukat mentah, memeramnya di box beras, dan hasilnya malah alpukat yang membusuk? 

Adakah yang pernah mengalaminya? Huhuhu, saya hampir selalu mengalaminya. Sampai-sampai saya selalu ragu untuk membeli alpukat mentah, karena sudah lebih dulu membayangkan bagaimana mereka akan membusuk sia-sia dan berakhir di tempat sampah. :-(

Endingnya, pilihan yang tersisa untuk menikmati enaknya alpukat hanya dengan membeli jus di penjual jus yang memang banyak tersebar di dekat rumah kami. Qodarullah, suami dan anak saya sangat senang minum jus alpukat. Kalau saya sih tidak begitu, sebab di penjual jus pasti jusnya selalu dibonusin susu, hehehe...

Tentu kita sudah mafhum bahwa alpukat adalah buah yang sangat kaya manfaat. Terutamanya bahwa dia mengandung lemak tak jenuh yang sehat, sarat protein dan vitamin. Bahkan dalam tip menurunkan berat badan, alpukat termasuk menu yang sangat direkomendasikan bagi yang berniat melakukannya.

Saya mulai optimis untuk mencoba kembali mematangkan alpukat di rumah setelah membaca-baca beberapa tip mematangkan alpukat yang benar di internet.

Ketika jadwal belanja keperluan dapur tiba dan di warung langganan saya banyak alpukat mentah, saya beranikan diri membeli. Awalnya saya ambil 5 buah, tapi karena enggak berani nekat, akhirnya 2 buah saya kembalikan lagi, hahaha...

Nah, dari sekian banyak cara, berikut cara yang saya pilih:
1. Mencuci bersih alpukat
2. Memotong bagian pangkalnya, karena dari bagian itulah pembusukan bermula dan akan menyebarkan kuman ke seluruh bagian alpukat.
3. Menutup bagian yang sudah dipotong dengan kertas bersih.
4. Menyimpan alpukat sampai matang pada tempat tertutup yang bersih atau di suhu ruang. Bisa juga dibungkus pake kertas koran.  Saya sendiri  menyimpannya di tempat beras.

Dan hasilnya.... Alhamdulillah matang dan cantik tanpa busuk dihari ke tiga.

Perasaan saya... Tentu saja senaaaang luar biasa... Tambah senang lagi karena anak saya langsung minta dibuatin jus begitu melihat alpukat hasil peraman Umminya. Alhamdulillaah... Laa quwwata illaa billaah :-) :-) :-)

Hasil praktek cara mematangkan alpukat (dok. pribadi)

2 komentar:

  1. Hmm...so yummy kayaknya alpukatnya, Mbak... :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillaah yummy, mbak Indah... Jadi beli alpukat terus nih karena nggak pernah gagal lagi, hehe...

    BalasHapus