Selasa, 10 Februari 2015

Cooking Class: Carrot Cheese Cake ala Zahro

Sejak membeli kompor gas portable tiga pekan lalu, dengan pengantar bahwa kompor gas itu buat dia belajar masak, hampir tiap hari kakak Zahro minta diadakan cooking class. Syukurlah dia sangat menikmati aktivitas bernama siang-menyiangi. Semacam memetik atau memotong sayuran pasti dia buru. "Kakak aja!" kira-kira begitu deh seruannya kalau saya mau menyiangi sayuran.

Kalau memasak pake kompor gas portable itu, biasanya kita pasang di teras samping, menghadap taman. Mantap, kan? Macam liburan aja, hahaha. . .

Masakan pertamanya adalah sayur bening bayam, Esoknya dia minta bikin nutrijell. Setelah itu dia pengen bikin salad wortel yang diparut memanjang lalu dikasih topping mayonaise. Kemudian dia pengen masak sayur jagung putren. Positifnya ngikutin semangat masak-masaknya ini adalah dia jadi ngerasa bertanggungjawab buat ngabisin hasil jerih payahnya sendiri. Sambil dikomporin ummi, "Masakan paling enak adalah yang kita masak sendiri, Kak," hahaha. . .

Dan. . . gegara salad wortel, kak Zahro mendeklarasikan bahwa dia adalah penggemar wortel. Dengan pe-er kudu mencarikan masakan sederhana yang bisa dipraktekkan Zahro, ummi pun searching resep olahan wortel untuknya. Dan terpikirlah untuk membuat carrot cake.
"Emang wortel bisa dijadikan kue? Itu kan sayur?" tanyanya tak langsung percaya waktu ummi menawarkan buat bikin kue wortel. Setelah yakin bahwa ada kue yang bernama kue wortel, kami pun sepakat untuk mengeksekusinya.

So, pagi ini setelah beberes kamar, kami bergegas terbang ke dapur. Alhamdulillaah everything yang dibutuhkan ready. Most of the processes bikin kue wortel ini Zahro sendiri yang mengerjakan, mulai dari marut wortel, timbang tepung, gula, margarin, kocok adonan, sampai nuang adonan ke loyang. Ummi ngarah-ngarahin doang sambil sesekali bantuin kalo dia tampak kepayahan. Plus masukin loyang ke oven tentunya. Masih belum berani bangetlah ngelepas anak menghadapi api.



And, alhamdulillah buat ummi hasilnya sangat memuaskan untuk ukuran koki cilik macam Zahro. Rasa kuenya juga ueeenak sebab kami cocolin keju ke dalam adonannya, hehehe.


Buat yang pengen nyoba bikin, ini resepnya:
Bahan:
175 gram terigu protein sedang
150 gram margarin
100 gram gula pasir
3 butir telur
1/2 sdt baking powder
100 gram wortel parut
50 gram cream cheese
Kismis

Cara memasak:
Kocok gula pasir + margarin sampai lembut
Masukkan telur satu per satu bergantian dengan tepung yang sudah dicampur baking powder
Masukkan cream cheese
Masukkan wortel
Masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin
Taburi dengan kismis atau topping lain yang disukai
Oven sampai matang

Selamat mencoba. :-)

Hmm, besok masak apa lagi ya?^^

Djogdja, 10022015
~eMJe~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar